Cara Move On Tips Dari Psikolog

Move On Adalah cara untuk berpindah dari suatu tempat, move on ini biasa diistilahkan untuk berpindah hati dari kekasih atau pacar karena sudah tidak lagi menjalin hubungan. Begitulah arti move on menurut saya. Move on bisa dikatakan gampang bisa dikatakan susah, tergantung kita berani melawan kata hati kita atau tidak bahwa kita masih mencintai mantan baru kita.

Move on
Ilustrasi Move on

Melawan kata hati untuk berpaling dari mantan pacar bukanlah hal yang buruk karena pada suatu kasus dalam kehidupan kita tidak selalu lurus, baik atau tidak selalu seperti yang kita perkirankan. Langkah pertama untuk move on adalah menerima. Menerima dan mengerti secara logika bahwa hidup telah menuliskan kamu dan dia untuk berpisah, jangan berfikir atau membayangkan kisah cintamu akan berjalan seperti kisah fiksi yang terjadi di sinetron atau FTV jaman sekarang. Ingat, hidup ini gak selalu Happy Ending, suatu waktu kita harus menerima apapun yang terjadi.

Ketika kita sudah Fix telah memutuskan untuk Move on. Kadang tidak semudah yang diperkirakan. Berikut adalah tips dari saya untuk move on dari kekasih atau pacar atau papun itu namanya yang berbau kehilangan

Curhat
Orang  patah hati sering kali logikanya tidak bisa berjalan dengan baik, mereka cenderung melakukan hal-hal bodoh, seperti tidak mau makan, atau kalau anak muda jaman sekarang yang alay "aku tidak bisa hidup tanpamu". dan yang lebih parahnya lagi sampai bunuh diri. Makanya butuh orang lain untuk memberikan saran terbaik buatmu. tentunya orang yang bisa mengerti dan dapat dipercaya.

Buat dirimu sibuk
Jangan biarkan dirimu terpuruk, berlala-lama sedih di kamar hilangkan kegiatan burukmu ini. Saatnya kamu bersibuk ria dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Terutama dengan otak kanan dan berinteraksi dengan alam. Seperti naik gunung, belajar nyetir mobil, berwisata ke pantai sekedar liat ombak, main game di laptop / PS, naik becak lampu biar berasa di Jogja, padahal di Pekalongan, atau naik odong - odong juga boleh (tau odong - odong gak?).

Coba hobi baru
Hobi baru juga bagian dari menyibukkan diri lho, Seperti bertanam. mencoba hobi baru juga seperti move on. Awalnya sih kurang suka, tapi kalo dah nanam sekali, mungkin jadi suka, apalagi kalo dah menjumpai kendala dalam bertanam. seperti "tanaman kalo dipindah pot kok layu ya?" atau "gulma yang tumbuhnya lebih cepet dari tanaman yang kita tanam" ngeselin banget kan.

Kalo nggak, bermain musik di studio bareng temen - temen, kalo kita sampe marah sama temen karena gak bisa menyesuaikan tempo musik, atau lirik lagunya salah salah. itu bikin kesel, tapi bikin move on juga. apa lagi kalo sampe ketagihan main ke studio, itu pengaruh besar pada usaha  move-onmu.

Jika sudah seperti itu kita jadi sibuk dengan kegiatan itu dan mengurangi waktu untuk memikirkan hal yang bisa membuat kita sedih.

Kembali Ke Masa Kecil
Berani kotor itu Baik Aneh ya liat judulnya? kayak berbau promosi. Tapi ini maksudnya tidak demikian, maksudnya adalah bermain di tempat yang kotor itu menyenangkan, kotor bukan berarti menjijikan lho. Seperti bermain lumpur di sawah,  bermain pasir dipantai, bertanam sama temen dan kotor kotoran bareng pake tanah, sepertinya menyenangkan. Lakukan juga hal bodoh seperti yang dilakukan anak SD ketika masih belum ada banyak beban, seperti jajan di depan sekolahan SD yang jajannya konyol konyol, atau main layang - layang juga boleh.

Perkenalkan dirimu pada dunia luar
kalo kamu orang yang gak pernah ke pasar malam, atau terakhir kali kesana udah beberapa tahun, mungkin kamu perlu mencoba jalan jalan kesana sama temen, jangan sendirian ya, nanti kayak orang ilang.

"Coba liat deh, ada hamster dijual disini, lucu kan" terus yang jual jawab "ini tikus putih bukan hamster, dasar bodoh" hahaha. "Liat ada yang jual pakaian bekas, yang bener aja lo?", "Aku kemaren beli sepatu 99 ribu, disini cuma 45 ribu, murah amat"

kalo kamu sampai mengatakan hal semacam ini dalam hati atau secara lisan, berarti usaha move on mu telah berkembang

Perbaiki Mod
  • Perbaiki mod dengan cara mendengarkan musik yang membawa semangat seperti rock.
  • Kalau makanan yang bisa memperbaiki Mod adalah Cokelat dan Es krim
  • Ada juga cara lain memperbaiki Mod yaitu dengan Pijat / Atau ke Salon
Jauhkan barang si dia dari hidupmu
Untuk mencegah kita mengingat masa lalu, jauhkan barang - barang si dia dari hidupmu, termasuk Foto, aksesoris, pakaian dll. Entah dengan cara dihapus, dibakar, dikubur atau dikembalikan. Fikirkan kembali jika akan mengembalikan, jangan sampai membuat keadaan menjadi semakin sulit.

Berpeganglah pada Agama dan Keyakinan masing masing.
Orang tua saya adalah orang yang bisa dibilang pendidikan formalnya sangat rendah, tapi Beliau berpegang teguh pada agama, yang beliau katakan pada saya "Jangan mencintai apapun melebihi cintamu kepada Allah". Kata lirik lagu Arillaso pada judul lagu patah hati juga demikian "Bahwasanya cinta yang sejati hanyalah di cintaMU"

Intospeksi dan ambil hikmahnya
Tidak ada yang sia sia dari pengalaman buruk sekalipun. Ambillah hikmahnya agar tidak terulang kesalahan yang sama. Meskipun jika kita orang yang tersakiti dalam suatu hubungan, Kita manusia memiliki kekurangan dan kesalahan padanya. Ambillah hikmah untuk kedepannya agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama dan memperbaiki kekurangan untuk jodoh kita nantinya.

Begitulah tips cara move on tips dari saya psikolog amatiran, jangan sampai terjebak dari keputusan yang salah, lihatlah segala sesuatu dari sudut pandang yang lebih jauh, luas dan logis, juga gunakanlah sudut pandang orang lain. Semoga Membantu.