Malam Lailatul Qadar - Keistimewaan dan Tanda Tandanya

Ada sebuah malam yang sangat istimewa dan penuh berkah yang setiap muslim pasti menginginkan malam penuh kemuliaan ini, yaitu malam Lailatul Qadar. Malam lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir di bulan ramadhan. Mengapa malam lailatul Qadar begitu banyak dinanti oleh sebagian besar kaum muslim diseluruh dunia? Tentunya malam yang selalu dinanti memiliki banyak keistimewaan diantaranya sebagai berikut.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Pada malam Lailatul Qadar para malaikat dan Jibril turun ke bumi serta memohon kepada Allah SWT agar mengkabulkan doa’-do’a hambanya, dan dosa dosa orang yang menghidupkan malam ini akan di ampuni. Itulah alasan malam Lailatul Qadar disebut dengan malam seribu bulan, Kemuliaan malam Lailatul Qadar berakhir dengan terbitnya fajar.

Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar

  • Udara dan suasana pagi yang tenang.
  • Orang yang beribadah pada malam tersebut merasakan nikmatnya ibadah dan bermunajat kepada Allah serta ketenangan hati, tidak seperti malam-malam lainnya.
  • Cahaya matahari melemah keesokan harinya, bersinar cerah tapi tidak kuat.
  • Bulan nampak separuh bulatan.
  • Malam yang terang, tidak dingin, tidak berawan, tidak hujan, tidak panas, tidak ada angin kencang, dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan binatang (lemparan meteor bagi setan).
  • Terkadang terbawa ke dalam mimpi. Seperti yang terkadang dialami oleh sebagian sahabat Nabi radliyallahu’anhum.
Semoga bacaan di atas dapat dijadikan materi referensi tips mendapatkan malam Lailatul Qadar oleh teman teman. Dan ini ada sekedar tambahan untuk doa malam Lailatul Qadar


Ya Allah, mudahkanlah kami meraih keistimewaan Lailatul Qadar dengan bisa mengisi hari-hari terakhir kami di bulan Ramadhan dengan amalan sholih.
Aamin Yaa Mujibas Saa-ilin.