Cara memperbaiki flashdisk yang rusak

kali ini kita saya akan membahas cara memperbaiki flashdisk yang rusak. dengan gajela seperti ini :

  • Flashdisk konek di port usb Komputer , tapi saat dibuka removable-nya di my computer muncul pesan seperti ini "Please insert a disk into drive E / F / G" tergantung engaturan tiap komputer
  • sudah gitu flashdisknya minta format tapi tidak bisa diformat.
  • Kapasitasnya 0 byte dengan tipe RAW.
hal ini pernah saya alami pada flashdisk pertama saya, transcend 1GB. dengan banyak data - data penting di dalamnya. miris gan... :'(
Awalnya saya bingung kenapa flashdisk saya bisa terjangkit gejala seperti yang tertuliskan diatas akhirnya setelah lama saya googling saya temukan caranya yang membahas keluhan yang saya alami dan akhirnya saya share juga ke blog saya ini :') "Masalah seperti ini dikarenakan IC controller di flashdisk error dan tidak dapat terbaca oleh Komputer. hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya perawatan pada flashdisk.

Langsung ke TKP gan...
  1. Koneksikan Flashdisk yang rusak itu ke komputer anda.
  2. Kita perlu tahu Product ID dan Vendor ID. menggunakan software USBView.exe Silahkan download software USBView.exe.
  3. buka softwaenya, Lihat di sebelah kiri. Port apa yang terdeteksi. Contoh "[port5] Device Connected trans ld : USB Mass Storage Device".
  4. Lihat pada id Vendor dan id Product. Contoh = id Vendor: 0x4321 | id Product 0x9876. Ambil aja 4 digit terakhir seperti ada contoh, lalu simpan digit tersebut.
  5. -buka website http://www.flashboot.ru/iflash.html website dari rusia jika gak paham, gunakan google translate -Masukan digit tersebut dikolom vendor dan product id tekan tombolyang ada di kanannya "HaNTN" lalu akan tampil rincian flashdisk anda.
  6. Copy nama software pada kolom "YTNrNTa" berada di kolom paling sebelah kanan yang isinya software dari FD tersebut. Contoh : nama software untuk FD saya "3S_USB9964_OnCardSorting_V5.024.zip" . NB : Sesuaikan dengan nama, jenis dan kapasitas flashdisk anda.
  7. Paste di www.google.co.id di kolom pencarian -Cari software tersebut dan download (KARENA SETIAP FLASHDISK BERBEDA SOFTWARENYA JADI CUMA DIJELASKAN PADA GARIS BESARNYA) -Jalankan software tersebut lalu tunggu 1-5menit. Flashdisk anda akan kembali seperti semula.
mohon maaf jika cara penjelasanya kurang, tapi jika anda ingin memperbaiki flashdisk dengan sungguh, pasti akan dicoba den semoga berhasil kawan. :)