Tips Dan Cara Mudah Budidaya Ikan Lele

Langkah pertama dalam budidaya ikan lele adalah dasar dalam ilmu berbudidaya ikan terutama ikan lele sangkuriang, saat ini yang paling diminati adalah lele sangkuriang. Kelebihan dari sangkuriang ini adalah daya tahan terhadap penyakit dan kecepatan pertumbuhan. Pertumbuhan lele sangkuriang ini singkat, dalam 90 hari bentuk lele sudah baik dan siap dijual kepasaran. Harga bibit ikan lele sangkuriang cukup relative murah yaitu Rp.50 per ekor.

Cara bududaya ikan lele


Cara budidaya ikan lele ini hampir sama dengan ternak lele jumbo, yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

1. Lahan yang akan dipakai, 1x1 meter terpal bisa menampung 200 ekor lele sangkuriang, lahan yang dipakai tidak seperti drum atau semacamnya, tetapi seperti anda memelihara ikan di kolam biasa.
2. bibit yang tidak sakit, pada saat membeli bibit, sebaiknya perhatikan dengan seksama, bibit yang sehat ialah bibit yang bergerak lincah, tidak lecet lecet pada sekujur tubuh, dan terlihat normal.
3. Pakan, prioritas utama adalah pakan yang telah dipersiapkan sejak awal.
4. Atap, sangat dibutuhkan, karena pada saat hujan air tidak masuk karena air hujan tidak baik untuk lele.

Tips memilih bibit lele sangkuriang yang normal

memilih bibit yang normal ini harus dicermati bagi para pembudidaya.langkah ini adalah untuk memeperkecil kemungkinan kerugian. Secara garis besar bibit adalah langkah awal yang dapat memengaruhi pembudidayaan ikan llele sangkuriang ini, Yang dapat memengaruhi keberhasilan.
Bibit lele sangkuriang yang normal ialah bergerak cepat, jika gerakanya hanya diam atau bergerak sedikit- sedikit sebaiknya jangan dibeli. Pnormal yang bergerak cepat yang dimaksud adalah sensitive dan agresif dalam gerakanya.Bibit sangkuriang yang lecet lecet dan bibit yang tidak sewarna itu tandanya sebagian bibit tidak sehat.

itulah beberapa tips dari kami, setidaknya itu bisa membantu anda. Salam budidaya.