Cara Merawat Baterai HP Android Agar Awet

Cara merawat baterai Android agar awet tidak seperti baterai HP yang lain, dikarenakan memiliki fitur yang banyak sehingga semakin banyak pula konsumsi baterainya. Tidak banyak dipahami oleh sebagian orang awam bahwa kebiasaan yang mereka lakukan akan mempersingkat umur ekonomis baterai.
Pelepasang Charger baterai yang benar
Pelepasan charger baterai yang benar

Pengisian baterai yang benar
Pengisian baterai yang benar

Umur baterai yang ditarget dari pabrikan akan kuat hingga 2 tahun, namun pada praktek di lapangan, hanya maksimal 1 tahun saja baterai ngedrop jika digunakan oleh tangan awam. Agar batarai tidak ngedrop kita perlu memahami merawat baterai agar tahan lama. berikut ini beberapa tips dan cara merawat agar baterai awet hingga beberapa tahun.

Tips dan Cara Merawat Baerai HP Android dan BlackBerry

Pemakaian Awal
Pemakaian awal ini biasanya sering dilupakan, dan mungkin sudah terlambat dipraktekkan. Ya, pemakaian awal ini sebaiknya di isi ulang sampai penuh, sebenarnya tidak perlu sampai 6jan seperti yang dikatakan orang orang. Isilah sampai penuh dalam keadaan HP dimatikan.

1. Matikan HP Saat isi ulang.
Saat sedang mengisi, baterai Li-ion tidak disarankan untuk melakukan pengeluaran agar tidak terjadi arus yang berlawanan. kalau saya sesekali tidak masalah jika sedang benar benar dibutuhkan.

2. Isi Ulang Ketika 5%
Isi ulang yang paling optimal adalah ketika status baterai dalam posisi minimal, dan 5% adalah posisi yang paling baik. Jangan isi ulang ketika baterai masih lebih dari 20% karena dalam jangka panjang akan mengakibatkan berkurangnya kapasitas baterai

3. Hentikan Pengisian Hanya Jika Sudah Full
Jangan cabut pengisian jika belum penuh, karena baterai memiliki batas discharge, artinya setiap baterai yang ditarget dari pabrikan sebanyak 1000x discharge, maka ketika kita mencabut dan mencolokan kembali sebelum penuh, maka artinya kita membuang daya yang belum sempat tertampung.

perhitungan detailnya seperti ini. jika dari pabrik ditarget 1000x discharge dan jika kita discharge ketika daya baru terisi 50% (katakanlah 750mAh). artinya kita hanya memakai daya sebesar 1000x750=750.000mAh. jika kita optimalkan discharge dalam keadaan 100%, maka pemakaian kita adalah 1000x100%(1500mAh)=1.500.000mAh. jadi sudah jelas kita rugi jika kita discharge saat 50% dihitung secara sistematis 750.000mAh

4. Waktu Pengisian Maksimal 4 Jam
Jangan ditinggal tidur ketika isi ulang, karena kurang lebih pada jam ke 3 baterai telah penuh dan akan terus terisi walaupun sudah penuh. Jadi dalam jangka panjang akan mempersingkat umur baterai.

5. Sesekali Matikan HP
24jam sehari, HP bekerja terus menerus, saat malam hati ketika tidur, cobalah sesekali matikan HP atau melepas baterai semalam saja. lakukan ini selama paling tidak seminggu sekali untuk mengistirahatkan baterai

6. Hematlah baterai
Ada banyak cara untuk menghemat baterai, cobalah Cara Menghemat Baterai Android dan Mengatasi Android yang Lemot juga bisa membantu menghemat baterai, karena HP Android anda bekerja dengan lebih santai. Dengan menghemat baterai, persentase Discharge juga akan berkurang, dan umur ekonomis baterai akan semakin panjang.

Demikianlah Tips merawat baterai android dan smartphone dari saya, Cara ini tidak hanya untuk diterapkan di android, di semua HP pun berlaku, asalkan baterainya Li-ion, seperti HP yang beredar di pasaran. semoga bermanfaat dan membantu.