Mengatasi Smartphone Android Boros Baterai

Smartphone Android Anda boros baterai? Jika dikalkulasi secara detail, pengeluaran daya baterai yang terbuang sia-sia lebih banyak dari yang anda kira. Berdasarkan pengalaman saya mengamati handphone android boros baterai yaitu sekitar 25% daya terbuang sia sia karena pemakaian secara tidak sadar.

Akan saya berikan informasi dari pengalaman HH saya Samsung Galaxy Young GT-S6310, cara optimasi android agar hemat baerai juga berlaku untuk semua HP android. Mulai dari hardware hingga software perlu dioptimasi. Berikut beberapa penyebab Android boros baterai sekaligus cara penanganannya.

Ilustrasi Boros Baterai

Penyebab dan cara mengatasi Android Boros Baterai

1. Kecerahan Layar
Akan menghemat baterai sekitar 5 - 15%. Layar pada handphone saya memiliki level kecerahan 1 - 9 , namun saya hanya menggunakan level 1 untuk di dalam ruangan dan level 2 hingga 4 untuk keadaan di luar ruangan. Disesuaikan dengan kebutuhan

2. Koneksi Internet
Matikan koneksi internet bila tidak digunakan, contohnya saat sebelum anda tidur, berdasarkan pengalaman saya akan menghemat baterai sekitar 10% jika semalam koneksi internet menyala tanpa aktivitas.

3. Atur Singkronisasi
Jika dalam keadaan online, singkronisasi (kontak, catatan, dll) secara rutin dan otomatis akan membuat koneksi internet bekerja. jika dimatikan maka akan mengurangi beban koneksi dan otomatis akan sedikit menghemat, tidak lebih dari 3% penghematan.

4. Sound
Sound yang dimatikan akan menghemat baterai sekitar 4%, namun disesuaikan dengan kebutuhan, jangan sampai justru mengurangi kegunaan Smartphone anda. namun anda bisa mengurangi volume agar digunakan secukupnya.

5. Tampilan
Aplikasi Instalan untuk mempercantik tampilan memang kadang menjadi favorit kita pengguna Android, namun berdampak juga pada pemborosan baterai khususnya tampilan yang memiliki efek gerak atau animasi akan memakan baterai 10% lebih boros. Saran saya gunakan saja wallpaper HD untuk memperindah tampilan.

6. Hardware
Wifi, Bluetooth, GPS, Screen Rotation, Internet adalah Hardware yang tentunya membutuhkan daya. Jika tidak digunakan, matikanlah fiture dari hardware tersebut. karena pada Smartphone komponen yang paling memboroskan baterai Layar dan yang ke dua adalah hardware Wifi, Bluetooth, GPS, Screen Rotation dan Internet.

7. Sistem
Ada banyak kelebihan dalam mengoptimasi sistem, Sistem yang sibuk akan membutuhkan konsumsi yang lebih terhadap daya baterai, maka dari itu perlu dioptimasi, selain menghemat baterai juga akan mempercepat kinerja android yang lambat. dengan cara mengoptimasi sistem akan menghemat bandwith internet karena aplikasi foreground yang secara tidak sadar memakan bandwith internet akan dimatikan.

8. Close Program
Pada Aplikasi Sistem Operasi Android kebanyakan tidak memberikan fitur Close atau Exit secara penuh. Hanya beberapa aplikasi saja yang memberikan fitur Exit seperti Operamini (Tombol Exit-nya pun dihidden di pengaturan), lalu yang kedia adalah Musik Player bawaan android. kadang kita perlu menutup secara manual melalui Setting - manager aplikasi, lalu paksa berhenti.

Selain Melakukan Optimasi secara Hardware dan Software, Tentunya kita juga perlu melakukan perawatan baterai android agar awet yang akan dibahas pada postingan selanjutnya. Demikian, Semoga yang saya tuliskan bermanfaat bagi pembaca.