Cara Optimalkan Kinerja dan Mengatasi Android Lambat

Berhubung banyak sekali keluahan user, maka saya akan memberikan solusi cara mengatasi Android lambat, pada 90% kasus kinerja ponsel android lambat disebabkan karena proses aplikasi yang berjalan terlalu banyak. Tidak hanya berpengaruh terhadap kinerja yang lambat, borosnya penggunaan RAM (penyimpanan sementara) akan memicu smartphone anda bekerja lebih berat, hal ini dapat menyebabkan baterai semakin boros, jadi dengan mengoptimalkan kinerja secara tidak langsung anda telah melakukan cara menghemat baterai android anda.

Saat Pertama kali membeli Ponsel Android, Smartphone anda pasti masih berjalan dengan normal, namun seiring aplikasi yang dibuka dan tidak ditutup kembali dengan sempurna, semakin banyak ram akan termakan. Selain RAM yang kedua adalah memory Internal, memory internal yang longgar akan membantu kinerja sistem semakin optimal. untuk optimalisasi sistem android, anda perlu melakukan beberapa cara berikut ini

1. Longgarkan Ram Android
kalau saya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melonggarkan ram, hanya kill aplikasi backgroud gak penting, karena aplikasi penghemat ram proses kerjanya sama; kill aplikasi gak berguna + hapus cache. Caranya adalah sebagai berikut, masuk ke setting - application manager, untuk pemula pada bagian download bisa di force stop proses aplikasi yang tidak anda perlukan, untuk level yang sudah paham, bisa masuk ke procces atau all karena jika di bagian procces atau all ada proses yang dilarang untuk dihentikan, jadi di bagian proces / all harus berhati hati untuk menghentikan proses berjalan

Application manager bagian download

Force Stop aplikasi tidak perlu
Contoh Force stop untuk BBM


2.  Longgarkan Memory Internal (Recommended Rooted)
longgarin memori internal pake link2sd ; pindah aplikasi yg lebih jarang digunakan ke ext2. sama pindahkan file pribadi ke ex SDcard, secara tidak langsung penyimpanan internal yang longgar akan membuat performa semakin baik (recomended MicroSD calss 6 keatas). untuk informasi lebih lanjut bisa cari tutorial mengenai cara menggunakan link2sd di google. Berikut Screenshot aplikasi yang sudah saya pindahkan (linked) ke MicroSD.

Aplikasi telah dipindahkan ke Ext SdCard
Aplikasi telah dipindahkan ke Ext SdCard


3. Swap Memory (Menambah Ram)
bikin swap memory di komputer / laptop menggunakan aplikasi partition wizard home edition dengan tipe Linux Swap sebesar 50% dari kapasitas ram. (recomended MicroSD calss 6 keatas). untuk informasi lebih lanjut bisa cari di goole mengenai tutorial cara swap memory Android.

Swap Memory Android
Swap Memory Android

4. Disable Aplikasi tidak terpakai (Wajib Rooted)
Disable aplikasi bawaan dan aplikasi instalan dari user dan sistem menggunakan fasilitas freeze dari link2sd, ada banyak aplikasi yang saya freeze (bekukan) atau istilah awamnya tidak diaktifkan. namun jika dibutuhkan, bisa diaktifkan kembali.


Ada banyak aplikasi bawaan sistem yang juga saya bekukan karena saya merasa tidak perlu, di antaranya ; google play book, chrome, download, google play store, dropbox, google play magazine, google+, google search, google play music, hangouts, youtube, samsung account, help, game hub, Samsung apps, favorites apps, tahoo news, yahoo finance, user manual, chatOn. jika difikir fikir, ternyata banyak sekali yang saya disable. pantas saja kinerja Android Samsung GT-S6310 lanjar jaya dan tidak lemot sama sekali.

Dari materi diatas saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya sendiri untuk mereferensikan alur kerja dan apa yang anda butuhkan, untuk tutorial root dan tutorial dari penjelasan diatas sangat banyak sekali bisa anda cari di google. Sebagai catatan tambahan, saya tidak menggunakan aplikasi untuk optimasi ram, karena aplikasi itu sendiri adalah aplikasi yang juga memakan RAM. jadi lebih baik saya gunakan secara manual dengan "Force Stop" aplikasi.

Cukup sekian dari saya, semoga materi yang saya tuliskan ini bermanfaat untuk anda, untuk konsultasi android silahkan tinggalkan pesan di komentar, dan untuk para blogger diharapkan tidak copy - paste hasil karya orang lain, mohon sertakan sumber jika ingin copas, terimakasih.