Mengatasi CorelDraw X5 Tidak Bisa Print Black

Ketika saya membuat postingan ini dikarenakan teman saya yang bergelut dibidang percetakan mengeluhkan kejadian Aplikasi Desain grafis yang dia gunakan Coreldraw X5 tidak bisa mencetak black atau blok alias hasil cetaknya raster atau grayscale, orang awam menyebutnya tampilan yang seharusnya blok menjadi titik - titik. Berhubung saya orang percetakan maka Printer yang saya gunakan ini adalah Printer HP Laserjet 1010 untuk mencetak di kertas kalkir (kertas terbaik untuk proses afdruk) dan tentu printer apa saja tidak akan mempengaruhi, karena ini hanya masalah pengaturan warna pada coreldraw.

Permasalahan ini sebenarnya hanya masalah pengaturan warna sederhana pada coreldraw, untuk cara mengatasinya ikuti langkah - langkah berikut ini :
Coreldraw - Tool - Color Management - Default Settings.. Pada menu ini, kita masuk ke sub tab "Color conversion settings" Hapus centang pada "reserve pure black" dan berikan centang pada "map gray to CMYK black"


CDR X5 tidak bisa print black
Gambar Panduan : Solusi CDR X5 tidak bisa print black
Harus diakui pengetahuan coreldraw mempermudah kerja setting desain, orang awam semakin mudah belajar tanpa membeli buku yang rata-rata isinya terbatas tidak gamblang & lugas. Teknologi ada yang diuntungkan dan ada juga yang dirugikan, akhirnya bagi kita yang tidak mengikuti arus teknologi akan lenyap ditelannya. Jadi manfaatkan informasi internet sebagai sumber ilmu untuk kemajuan bangsa kita.

Saya rasa cukup itu saja artikel solusi pemecahan masalah pada desain grafis kali ini, senang bisa berbagi. Semoga ilmu yang saya sampaikan dapet bermanfaat untuk teman - teman.