Tips Mengajari Anak Belajar Membaca

Mengajari anak balita belajar membaca memang kadang tidak mudah, kadang yang mempersulit diri kita sendiri. Memang sih dalam beberapa kasus ada anak yang susah memahami atau susah untuk diajari karena batasan batasan kemampuannya, atau ada juga anak yang susah diajari membaca karena mereka tidak mau fokus kepada anda saat belajar membaca.

Belajar Membaca
Belajar Membaca
Berikut ini ada beberapa tips yang saya tulis agar anak anak mau diajak belajar membaca dan cara mengajari anak belajar membaca yang benar.

Permulaan
untuk memberikan basic, perlu diajari anak anda kata-kata terlebih dahulu, seperti kata benda, nama hewan dll. karena mereka akan lebih mudah jika sudah mengerti banyak kosakata.

Sebelum mengajak Belajar
Jika anak tidak mau diajari membaca, tidak perlu ajari mereka membaca secara terus terang dan bilang tidak perlu bahwa anda akan mengajari mereka membaca. Buatlah Suasana yang menyenangkan terlebih dahulu lalu sebelum kita melakukan kegiatan membaca.

Menarik
Buatlah belajar menjadi lebih menarik dengan gambar atau visualisasi seperti pada gambar diatas agar lebih menyenangkan

Kuasai Anak
Kuasai anak? maksudnya Pada beberapa keadaan tidak perlu bersikap menjadi orang tua, jadilah teman mereka. Buat anak anda mau mngikuti kemauan anda (mengajak belajar membaca) dengan senang hati, beberapa anak lebih suka mengikuti kemauan temannya daripada orang tuanya. Maka buatlah anak anda nyaman seperi sedang bermain dengan temannya.

Pahami Mood Anak
Dalam keadaan apapun, Jangan memaksa anak anda. Jika sedang anak tidak mau, mungkin anda sedang gagal menguasai anak atau memang keadaan mereka tidak mendukung, karena anak anak tidak bisa mengungkapkan isi hatinya dengan kata kata yang jelas, hanya dengan kelakuan dan keluhan.

Hindari Suasana Tegang
Ketika sedang mengajar anak membaca, Hindari suasana tegang. Karena pada umumnya anak belum mencukupi usianya untuk belajar dengan tegang. Maka pada dari itu diciptakan sekolah kusus anak Taman kanak kanak atau pendidikan anak usia dini yang isinya belajar sambil bermain.

Tes
Cobalah sesekali tanya dengan nada mengajaknya melakukan permainan atau tebak tebakan, "tebak ini bacanya apa?"

Ciptakan Antusiasme anak
Cari tahu apa yang disukai anak , cotohnya saja lagu, gunakan lirik lagu anak yang menyenangkan agar anak mau belajar membaca karena punya tujuan ingin membaca lirik lagu yang ia sukai.

Cara Lain
Jika belajar selama ini kurang efektif, cobalah mencari cara lain yang bisa membuat anak lebih antusias, senang dan nyaman. lebih bagus lagi jika anak dapat menganggap belajar mmbaca ini adalah permainan yang menyenangkan.

Jadi kesimpulannya, beberapa karakter anak memang berbeda beda, maka kita perlu memahami mereka. Semoga Tips mengajari anak balita membaca ini bisa dimengerti dan bermanfaat bagi anda selaku orang tua atau pengasuh dan tentunya juga untuk anak kita.