Setting Windows Untuk Mempercepat Koneksi Internet Modem

Di Indonesia Krisis kecepatan dan bandwith internet modem USB sudah menjadi masalah umum bagi kita kalangan pengguna modem GSM maupun CDMA, oleh karena itu saya memberikan tips optimalkan kinerja internet kita. tips ini saya dapatkan dari referensi teman teman yang sudah saya terapkan hingga sekarang dan pengalaman saya pribadi.

Pada Posting yang berkaitan mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet sebelumnya. saya akan melanjutkan artikel sebelumnya dengan judul baru, yaitu Setting windows untuk mempercepat dan stabilkan koneksi internet Modem. Sebenarnya koneksi yang kita dapatkan dari provider tidak lebih lambat dari yang kita bayangkan. Hanya saja Windows kita memerlukan optimasi koneksi internet agar kecepatan internet bisa berjalan dengan maksimal.

Adapun beberapa cara mempercepat koneksi internet yang akan saya berikan agar bermanfat untuk kita semua. Dengan sedikit setingan windows dibawah ini, tidak hanya kecepatak kita yang menjadi maksimal, tapi tips ini juga bisa dijadikan cara stabilkan ping koneksi game online. Simak beberapa point berikut ini.


1. Matikan Automatic Update
>> Start - Control Panel - Windows Update - Change Setting.
Disini matikan update otomatis seperti pada gambar dibawah ini


2. Mematikan service dan startup (butuh restart setelah setting)
Mematikan service dan startup yang memakan koneksi internet misalnya google Update dll yg berbau memakan koneksi internet. >> Start - Run - msconfig. Pada bagian service, jangan lupa centang "hide all from microsoft". Di settingan windows saya seperti ini.


3. Setting Hardware (butuh restart setelah setting)
Klik Kanan pada My Computer - Propetis - Device Manager. Pada port COM dan LTP terdapat 2 bagian untuk modem, setting keduanya dengan setingan maksimal. Maksimalkan setting seperti gambar. Intinya memaksimalkan max bandwith yang bisa diterima, dan modem flow contol ganti menjadi Hardware.


4. Ganti Ping Google (butuh reconnect setelah setting)
Lihat saja gambarnya seperti dibawah ini, gantiping google dengan angka 8.8.8.8 dan 8.8.4.4


5. Maksimalkan Kecepatan Used Connection (butuh reconnect setelah setting)
Caranya masih hampir sama dengan Point 4.
Pada bagian koneksi, klik kanan konfigurasi internet yang digunakan - Pilih tab general - Configure. dan maksimalkan setingannya dengan mengganti dengan angka 921600 dan centang semua kecuali modem speaker. seperti pada gambar berikut ini


6. Bandwith Limit
Penah denger mengenai merubah resev bandwith limit menjadi 0 ? Sebenarnya cara itu hanya memprioritaskan koneksi User dan sistem tidak menerima bandwith saat system membutuhkannya untuk update, tapi cara ini sudah terpecahkan solusinya di Point No 1

Itulah 6 cara mempercepat dan satabilkan koneksi internet ala saya. sebenarnya sih bukan mempercepat, lebih tepatnya adalah memaksimalkan koneksi internet kepada user, sehingga bandwith tidak dimakan oleh system dan applikasi background lain yang tidak kita ketahui.